Ribuan Kilo Jamur Kuping Putih Asal Tiongkok Tiba di Surabaya

Administrator 07 Agustus 2017 302

Surabaya – Jamur kuping putih (Tremella fuciformis) merupakan salah satu jenis dari genus Tremella selain jamur kuping hitam. T. fuciformis ini memiliki tubuh buah tak beraturan berwarna putih yang umumnya dapat ditemukan di batang kayu yang sudah mati. Pada saat ini, jamur kuping putih yang dipercaya berkhasiat sebagi obat sudah dibudidayakan dan menjadi salah satu makanan favorit di masyarakat. 

Karena adanya permintaan yang tinggi, pada 5 Agustus 2017 sejumlah 1680 kilogram jamur kuping putih impor asal Tiongkok tiba di Surabaya. Petugas Karantina Surabaya melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan di tempat pemeriksaan karantina blok W TPS - Teminal Petikemas Surabaya.

Pemeriksaan fisik dilakukan guna memastikan kesesuaian jenis dan jumlah dari barang yang diimpor, sedangkan pemeriksaan kesehatan guna memastikan bahwa jamur kuping putih tersebut bebas dari OPTK (Organisme Pengganggu Tumbuhan karantina).

Berdasar hasil pemeriksaan dappat diketahui bahwa jamur tersebut telah sesuai dengan dokumen dan bebas dari hama penyakit tumbuhan, sehingga dapat masuk ke wilayah Surabaya untuk dipasarkan kepada konsumen. (BBKP Surabaya)


Related Post