Tingkatkan Pengawasan, Karantina Cilegon Tahan Vaksin AI Dan Daging Sapi Olahan

Administrator 11 Agustus 2017 313

Cilegon – Kamis malam (10/8) petugas Karantina Cilegon kembali melakukan operasi tertib karantina rutin di pelabuhan Merak guna peningkatan pengawasan lalu lintas media pembawa HPHK dan OPTK. Hasilnya petugas mengamankan 200 botol vaksin Avian Influenza (AI) dimana perbotolnya berisi 250 ml dan daging sapi olahan sebanyak 293 kg. Semuanya tidak dilengkapi dokumen persyaratan karantina.

Menurut drh. Rifky selaku penanggungjawab operasi tertib, vaksin AI yang diamankan merupakan vaksin inaktif jenis H5N1 strain Re-6 +H9N2 strain Re-2. Vaksin ini ditemukan petugas di bagasi bus ALS tujuan Medan. Sementara daging sapi olahan berupa kikil dan patties yang berasal dari Jakarta dan Tangerang diamankan petugas karena tidak dilaporkan serta tidak dilengkapi surat keterangan kesehatan daerah asal.

"Saat ini kita lakukan tindakan karantina penahanan sampai ada pemilik yang datang untuk mengurusnya," ujar drh. Rifky.

Petugas Karantina Cilegon akan terus berupaya meningkatkan pengawasan lalulintas media pembawa hewan, tumbuhan serta turunannya demi mencegah masuk, tersebar dan keluarnya hama penyakit hewan dan tumbuhan di tempat pemasukan dan pengeluaran. (BKP Kelas II Cilegon)


Related Post