Komitmen Penegakan Hukum Karantina Lampung

Administrator 11 Agustus 2017 283

Lampung - Pengadilan Negeri (PN) Kelas I Tanjungkarang menggelar sidang penyelundupan daging babi hutan (celeng) sebanyak 3 ton dengan tersangka Poltak Parapat, Julihar Aritonang dan Andi Law.

Sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi-saksi diketuai Majelis Hakim Yus Enidar, SH.MH dan dua orang hakim anggota Iros Beru, SH, MH serta Hasmi MY, SH. Sidang kedua tersebut sedianya dijadwalkan Senin (7/8) kemarin, namun karena hakim ketua berhalangan hadir maka sidang diundur pada hari Kamis (10/8).

Sementara saksi – saksi yang dihadirkan diantaranya dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Panjang yakni Brigka Misran dan Brigpol Prayugo. Pertanyaan hakim kepada saksi berkaitan penangkapan truk colt diesel yang memuat daging celeng. Kepada saksi dari Karantina Lampung, drh. Reza Taufan Subianto dan drh. A.A. Oka Mantara selaku Kasie Pengawasan dan Penindakan, hakim menanyakan persyaratan dan peraturan karantina berkaitan lalulintas daging.

Untuk saksi ahli dari Balai Veteriner Lampung drh. Enny Saswiyanti, ditanya hal-hal yang berkaitan dengan pemeriksaan laboratorium, apakah benar daging yang diangkut tersebut daging babi, apa layak konsumsi dan apa ada campuran pengawet.

Sidang digelar dari pukul 10.00  sampai 12.30 WIB. Sidang akan dilanjutkan hari Senin, 21 Agustus 2017  menghadirkan terdakwa dengan inisial PP dan AL. Sedangkan JA masih DPO. (BKP Kelas I Bandar Lampung)


Related Post