Karantina Pangkalpinang Beri Penjelasan Terkait Pemasukan Hewan Kurban

Administrator 11 Agustus 2017 88

Pangkalpinang - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Karantina Pertanian merupakan salah satu instansi yang diburu oleh wartawan terkait dengan data lalu lintas media pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina jelang hari besar Idul Adha mendatang. Begitu pula dengan Kepala Seksi Karantina Hewan Pangkalpinang, drh. Akhir Santoso, yang ditemui dan diwawancarai oleh wartawan di ruangannya. Adalah wartawan yang berasal dari media lokal maupun nasional, media Antara dan Click Babel. Mereka mencari informasi terkait lalu lintas pemasukan hewan kurban berupa sapi, kambing dan domba di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kasi Karantina Hewan menyampaikan data jumlah pemasukan sapi dan kambing dari bulan Juni hingga Agustus pada minggu pertama tahun 2017. Selain itu tindakan karantina yg telah dilakukan untuk menjamin hewan tersebut sehat dan bebas dari HPHK.

Perlunya himbauan kepada masyarakat untuk memilih hewan kurban yang sehat, tidak cacat seperti buta, pincang, patah tanduk, putus ekornya atau mengalami kerusakan daun telinga. Selanjutnya, tidak kurus, berjenis kelamin jantan, tidak dikebiri, memiliki buah zakar lengkap dua buah dengan bentuk dan letak yang simetris, cukup umur. Sedangkan untuk kambing atau domba di atas satu tahun atau ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap, untuk sapi atau kerbau di atas dua tahun dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. (BKP Kelas II Pangkalpinang)


Related Post