Tak Sesuai Aturan Impor, Bibit Anggrek Asal Thailand Ditahan

Administrator 14 September 2017 380

Denpasar - Anggrek merupakan tanaman epifit yang tumbuh subur di daerah tropika basah, Mempunyai organ-organ yang tebal dan berdaging membuat tanaman yang satu ini mampu bertahan menghadapi tekanan air.

Bunga anggrek sudah dikenal ratusan tahun yang lalu, tapi baru puluhan tahun terakhir ini budidaya bunga anggrek marak. Bunga anggrek yang mempunyai motif dan variasi warna cantik sering dipakai dalam acara-acara pesta.

Karena tingginya permintaan bunga anggrek, banyak upaya yang dilakukan untuk mendapatkan bunga yang satu ini. Salah satu yang dilakukan adalah mendatangkan dari luar negeri.

Tapi sayang, apa yang dilakukan oleh WNA dari Thailand ini tidak sesuai dengan peraturan import bibit, sehingga bibit anggreknya yang rencana ditanam di Kuta ini ditahan petugas karantina. Sebanyak 2 Box bibit anggrek yang dilalulintaskan melalui kantor pos Denpasar berhasil digagalkan pemasukannya berkat kerjasama antara petugas Karantina dengan pihak Bea dan Cukai setempat (12/9).

“Bibit anggrek dari Thailand ini tidak dilengkapi Phytosanitary Certificate (PC) dan Surat Ijin Pemasukan Menteri Pertanian (SIP Mentan), sehingga diberikan tindakan karantina berupa penahanan,” ungkap Suparma, petugas Karantina Pertanian Denpasar. (BKP Kelas I Denpasar)


Related Post