Palm Kernel Expeller Tembus Pasar Ekspor

Administrator 10 Oktober 2017 154

Pontianak, 10/10 - Tahukah apa itu Palm Kernel Expeller? Palm Kernel Expeller atau lebih dikenal dengan PKE merupakan salah satu produk samping yang dihasilkan dari pengolahan Biji kelapa sawit menjadi minyak. PKE tersebut berbentuk serbuk seperti tanah. PKE tersebut di negara tujuan biasa digunakan sebagai pakan untuk ternak di beberapa negara di dunia, seperti tiongkok, Vietnam, Thailand dan New zealand. 

Untuk dapat ekspor PKE ke negara China dan New Zealand itu diperlukan persyaratan yang cukup rumit. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya perusahaan di Indonesia harus teregistrasi di negara Tiongkok, dimana perusahaan dapat teregistrasi apabila telah memenuhi persyaratan administrasi dan teknis. Namun Barantan tidak membiarkan perusahaan eksportir melakukan pekerjaannya sendiri, Barantan bekerjasama dengan UPT melakukan pembinaan dan bimbingan secara intensif dalam memenuhi persyaratan teknis tersebut. Persyaratan tersebut diantaranya gudang penyimpanan harus sesuai standar (mampu mencegah penularan OPT/OPTK ke Media Pembawa dan mampu menjamin PkE di dalam gudang sampe dengan pemuatan ke kapal bebas dari OPT/OPTK); memastikan tindakan perlakuan sebelum PKE di ekspor; serta memastikan PKE tidak mengandung residu pestisida di atas ambang.

Hasil dari kerja keras tersebut, beberapa perusahaan berhasil teregistrasi dan dapat secara rutin mengekspor PKE tersebut ke Tiongkok maupun New Zealand. Dan untuk membantu kelancaran kegiatan ekspor maka petugas karantina Pontianak melakukan pemeriksaan terhadap PKE yg akan di ekspor sebanyak 2.200 ton tiap minggunya. Setelah dilakukan tindakan perlakuan sesuai standar, maka dapat diterbitkan dokumen Phytosanitary Certificate (PC) sesuai yang disyaratkan oleh berbagai negara tujuan ekspor PKE. (Karantina Pertanian Pontianak)


Related Post