Programkan Pemuliaan, Bibit Kelapa Sawit Dilepaskan

Administrator 10 Oktober 2017 53

Medan (10/10), Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan melaksanakan pelepasan bibit kelapa sawit dengan bahasa latinnya disebut Elaeis guineensis yang berasal dari Papua New guinea (PNG), hasil pengasingan dan pengamatan (singmat) (5/10).

Berlokasi di desa Timbang Deli, Kecamatan Galang, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, milik PT. Timbang Deli Indonesia, dilakukan pelepasan media pembawa tersebut dapat dibebaskan/dilepas setelah diuji dengan Metode PCR karena tidak ditemukan OPTK target /sasaran. Pelepasan ini sebagai program pemuliaan (DAMI G2), dan target OPTK nya adalah Candidatus Phytoplasma Palmae (Lethal Yellowing). Beberapa komoditas yang dilakukan pelepasan antara lain berupa ramet kelapa sawit, dilepas sekitar 323 batang dan yang afkir/ dimusnahkan sebanyak 39 batang, selanjutnya kecambah kelapa sawit, dilepas sekitar 5.339 tanaman dan yang afkir/ dimusnahkan sebanyak 5.619 butir.

Kepala karantina Medan Ir.Hafni Zahara.MS.c, dan Heppy Diati, SP. MP (kepala seksi tumbuhan), juga didampingi Ir. Nurmalina (Koordinator fungsional  tumbuhan) hadir dalam pelepasan bibit tersebut. Hadir pula Dra. Mesrahati dan Ir. Suwandi sebagai penanggung jawab pengasingan dan pengamatan. (Karantina Pertanian Medan)


Related Post