Semerbak Aroma Cengkeh hingga Afrika Selatan

Administrator 10 Oktober 2017 57

Belawan, (10/10) - Cengkeh (Eugenia aromaticum) adalah tangkai beraroma kering keluarga tanaman myrtaceae, dalam bahasa inggris disebut cloves. Cengkeh merupakan jenis rempah-rempah tanaman asli Indonesia yang berasal dari Maluku.

Pada perdagangan internasional, cengkeh itu dibagi menjadi 3 (tiga) bagian berdasarkan dari sumbernya yaitu daun cengkeh (clove leaf), tangkai cengkeh (clove stem), bunga cengkeh (clove bud). Balai Besar Karantina Pertanian melakukan pemeriksaan kesesuaian fisik dan dokumen (9/10) terhadap media pembawa cengkeh sebanyak 8.750 Kg yang terdiri dari clove steam sebanyak 4.500Kg, dan clove bud sejumlah 4.250Kg di gudang pemilik /eksportir. Semerbak Aroma Cengkeh ini sampai ke Negara Durban - Afrika Selatan.

Pemeriksaan fisik dan pengujian sampel di laboratorium merupakan rangkaian Standar Operasional Prosedur (SOP) pada setiap media pembawa untuk mencegah masuk dan keluarnya Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) sekaligus mendukung akselerasi ekspor rempah-rempah Indonesia yang berkualitas. Dukung Akselerasi Ekspor untuk Indonesia hebat, dan tentunya tetap lapor Karantina. (Karantina Pertanian Belawan)


Related Post