Jakarta Smart City di Karantina Priok

Administrator 10 Oktober 2017 143

Tanjung Priok (10/10) - Jakarta Smart City atau JSC mungkin sudah sering terdengar belakangan ini. JSC merupakan unit teknis di bawah Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Pemprov DKI Jakarta. Inovasi ini digunakan dan dimanfaatkan untuk pelayanan publik yang lebih baik.

Pemanfaatan teknologi melalui JSC, sebagaimana diketahui salah satunya merupakan fasilitas pengaduan terkait permasalahan warga Jakarta yang langsung tersampaikan real time dan segera direspon untuk langsung ditindaklanjuti oleh perwakilan pemerintah daerah setempat, seperti lurah atau camat di tempat permasalahan. Proses respon dan penyelesaian solusi permasalahan juga dimonitor langsung di JSC ini.

Kebanyakan laporan warga Jakarta adalah masalah sampah, parkir liar, pelanggaran, iklan liar dan fasilitas umum. Dengan JSC permasalahan ini semakin mudah memonitor dan responnya semakin cepat yang sebelumnya 21.13 jam, sekarang menjadi 9.24 jam responnya.

JSC sendiri selain laporan warga di atas juga banyak pemanfaatannya, diantaranya adanya monitor partner online dengan berbagai aplikasi misalnya trafic dengan waze, ragunan zoo, job carrier, porter, transjakarta dan banyak lagi lainnya yang bisa dimonitor Pemprov DKI untuk pelayanan lebih baik. JSC juga memfasilitasi transparansi penggunaan anggaran DKI Jakarta.

JSC bahkan dimanfaatkan sebagai lokasi wisata dengan adanya JSC Lounge. Masyarakat bs melihat Jakarta melalui tehnologi layar digital.

"Menciptakan pemerntah yang transparan, informatif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan meningkatkan partisipasi masyarakat melalui saluran aspirasi sangat efektif", papar Wise Citra Dewi dari Jakarta Smart City.

Kegiatan ini juga langsung dijelaskan aplikasinya secara detail, bagaimana monitornya, operasionalnya dan sistem integrasinya yang dipandu langsung oleh Edo dari JSC, dan dimoderatori drh. Raden, Kabid Karantina Hewan Karantina Priok.


Related Post