Barantan Perkuat Kerjasama Karantina Perbatasan BIMP-EAGA

Administrator 09 November 2017 83

Malaysia - Dalam rangka mendukung salah satu program Nawacita Pemerintahan Presiden Republik Indonesia, Badan Karantina Pertanian perkuat kerjasama di wilayah perbatasan. Kerjasama perbatasan antar negara BIMP-EAGA ini dibahas oleh Dr. Arifin Tasrif, Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama dan Informasi Perkarantinaan mewakili Badan Karantina Pertanian pada Pertemuan ke-12 Working Group on Customs, Imigration, and Quarantine Services Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philippines East ASEAN Growth Area (WG CIQS-BIMPEAGA) yang baru saja berlangsung pada tanggal 2-3 November 2017 di Kota Kuching, Serawak, Malaysia.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh semua unsur CIQS dari negara yang tergabung dalam BIMPEAGA ditekankan pentingnya semua unsur CIQS untuk terus melakukan upaya-upaya harmonisasi dan simplifikasi peraturan dan SOP guna mendukung kelancaran perdagangan barang antar kawasan sub-regional BIMPEAGA.

Salah satu upaya yang dilakukan dari unsur Quarantine untuk mendukung kelancaran perdagangan barang terutama yang dilalulintaskan di wilayah perbatasan, adalah melalui Konsep One Borneo Protection yang merupakan inisiasi atau usulan dari Badan Karantina Pertanian. Dalam Konsep One Borneo Protection ini terdapat 5 (lima) langkah-langkah kongkret kerjasama yang harus dilakukan oleh unsur Quarantine BIMPEAGA, yaitu memperpendek SOP dan prosedur, perbaharuan daftar kontak (contact points), sistem notifikasi, pembangunan kapasitas untuk laboratorium diagnostik dan surveilan, serta pembangunan kapasitas untuk surveilan dan pengendalian wabah.

Konsep One Borneo Protection ini diharapkan dapat segera ditandatangani dan diimplementasikan di tahun 2018. Dengan terimplementasikannya Konsep ini diharapkan kerjasama di bidang perkarantinaan hewan dan tumbuhan di wilayah Perbatasan Lintas Batas Negara (PLBN) khususnya perlindungan Pulau Kalimantan (Borneo Protection) menjadi tanggung jawab Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam.


Related Post