Badan Karantina Pertanian
 

Penyakit Zoonosis, Jadi Perhatian Karantina Pertanian

Administrator 20 Juli 2018 266

 

Banten (20/7) - Penyakit hewan yang dapat menular kepada manusia atau zoonosis menjadi perhatian dari Badan Karantina Pertanian. "Hewan kesayangan seperti anjing merupakan hewan yang berkontribusi dalam perkembangan penyakit zoonosis. Selain itu di Indonesia, khususnya Bali belum terbebas dari rabies. Hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” kata drh. Iswan Haryanto, MSi, Kepala Bidang Produk Hewan, Badan Karantina Pertanian saat menghadiri pembukaan Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2018, Jumat (20/7) di Banten.

Iswan menjelaskan, pameran bertaraf internasional dengan hadirnya komunitas pencinta hewan dari negara Perancis, Cina, Filipina dan empat negara lainnya menjadi penting bagi Barantan, khususnya dalam menyosialisasikan tugas dan fungsi Karantina Pertanian. Mengingat hewan kesayangan cukup sering dibawa oleh masyarakat melalui bandara maupun tempat lain, seperti pelabuhan maupun pos lintas batas negara, yang harus melalui proses tindakan karantina. Hewan kesayangan acap kali jadi salah satu cara mengurangi rasa jenuh bagi kebanyakan orang dari rutinitas sehari – hari. Disadari atau tidak, banyak manfaat yang kita terima selama memiliki hewan kesayangan. Seringkali hewan kesayangan menjadi lebih dari sekedar sahabat penghilang stres.

Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2018 hadir sebagai ajang bagi para pecinta hewan peliharaan atau hewan kesayangan yang digelar kali kedua di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD City, Tangerang dan berlangsung selama tiga hari mendatang, 20-22 Juli 2018 mendatang.

Barantan turut berpartisipasi dalam pameran yang bertaraf dunia. Sebagai institusi yang memiliki tugas dan fungsi cegah tangkal hama penyakit hewan dan tumbuhan, Petugas Karantina lakukan pengawasan guna mencegah hama penyakit penyakit hewan maupun tumbuhan. Hal ini sesuai dengan amanah UU No. 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

Menjadi hal yang menarik, pagelaran Indonesia Winner Show 2018 yang bertajuk All Breed Championship International Dog Show menambah kemeriahan rangkaian IIPE 2018 ini. PERKIN (Perkumpulan Kinologi Indonesia) sebagai organisasi penyelenggara, bersama dengan Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia akan memberikan Piala Kementan serta Piala Kapolri bagi pemenang Indonesia Winner Show 2018. Penyerahan piala ini telah dilakukan sejak 2012 Dan dibukanya IIPE 2018 & Indonesia Winner Show 2018 sekaligus diresmikannya Anjing Kintamani Bali sebagai Anjing Ras Nasional Pertama Indonesia oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, drh. I Ketut Diarmita, MP.

#iipe2018
#PusatKarantinaHewanKehani
#LaporKarantina
#AsianGamesKita


Related Post