Badan Karantina Pertanian
 

ASEAN dan AFP Tegaskan Komitmen Terwujudnya Integrasi Ekonomi Regional

Administrator 01 Oktober 2018 210

Tokyo – ASEAN dan AFP menegaskan komitmennya kembali untuk mengintensifkan perundingan agar kesepakatan yang menguntungkan bagi semua anggotanya dapat segera tercapai sehingga integrasi ekonomi regional dapat segera terwujud yang melibatkan semua negara anggota ASEAN dan 6 negara AFPs. Melihat semangat negara ASEAN dan AFPs, Dr. Arifin Tasrif selaku Chair yang berasal dari Indonesia merasa optimis bahwa pembahasan Chapter SPS di SWG SPS dapat diselesaikan tahun ini.

Dari 17 article yang terdapat dalam draft Chapter SPS yang dibahas, sudah 13 article yang disepakati, hal ini berarti bahwa hampir 80% materi yang dibahas sudah disepakati. ASEAN dan AFP masih perlu membahas 3 article yang diajukan New Zealand (audit, certification dan import checks) dan 1 artikel mengenai Dispute Settlement. ASEAN dan AFPs menyambut baik hasil pertemuan intersessional di Tokyo,  kemajuan yang dicapai sangat significant, senada dengan Dr. Arifin, semua negara ASEAN dan AFPs merasa optimis bahwa Chapter SPS akan selesai dibahas tahun ini.

Pertemuan Sub Working Group SPS ini diselenggarakan dalam kerangka kerjasama RCEP pada 12 – 14 September lalu. Pertemuan bertujuan membahas beberapa draft article untuk Chapter SPS yang belum disepakati dipertemuan sebelumnya. Pertemuan dipimpin oleh Dr. Arifin selaku chair dari Indonesia dan dihadiri oleh seluruh negara anggota ASEAN (kecuali Myamar) dan semua negara AFPs  yaitu Australia, China, India, Korea, New Zealand dan Jepang. (hst)


Related Post