Badan Karantina Pertanian
 

Arifin Tasrif beri pengarahan pentingnya Sinergitas antar instansi di Palembang

Administrator 07 November 2018 55

Palembang (5/11). Bertempat di Kantor Balai Karantina Palembang, Arifin Tasrif selaku Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama dan Informasi Perkarantinaan, memberikan pengarahan pentingnya sinergitas dalam kegiatan Rakor Eksternal lingkup Wilayah Palembang.

Karantina Palembang menginisiasi pentingnya koordinasi dengan instansi terkait lingkup Palembang dengan mengundang Polda Sumsel, TNI AL, Beacukai, Perhubungan, Pos, AVSEC dan instansi terkait lainnya, dalam kegiatan Rakor Eksternal sekaligus membahas implementasi perjanjian kerjasama antara Barantan dengan POLRI dan TNI AL yang sudah disepakati.

 

     

 

"Karantina memiliki tupoksi mencegah masuk, keluar dan tersebarnya penyakit hewan maupun tumbuhan yang dapat merusak pertanian Indonesia. Oleh karenanya, dalam pengawasan komoditas karantina perlu bersama untuk mencegah adanya peluang penyebaran penyakit hewan maupun tumbuhan", terang Arinaung, Kepala Karantina Palembang dalam sambutannya.

"Menjaga Negeri Indonesia tidak semata-mata hanya tanggung jawab karantina, namun menjadi tanggungjawab bersama. Kerjasama instansi-instansi terkait sangatvpenting dalam upaya menjaga lalu lintas komofitas pertanian yang ilegal dan merugikan bangsa Indonesia. Saya berharap koordinasi ini juga terimplementasi di lapangan, teman-teman Penyidik, Polsus dan Intelijen karantina harus bisa berkolaborasi dengan teman-teman dari instansi terkait", tegas Arifin Tasrif dalam memberikan pengarahan.

"Kami selalu siap sebagaimana perjanjian kerjasama dalam memberikan bantuan taktis, bantuan teknis dan upaya paksa untuk penegakkan hukum dan proses pengawasan dan penindakan di lapangan" kata Kombes Zulkarnain, Direkrimsus Polda Sulses dalam menyampaikan komitmennya, yang diamini juga oleh Mayor Andi Hermanto, sebagai perwakilan dari TNI AL Sumsel.

Kegiatan Rakor ini dahadiri oleh kurang lebih 40 orang dari berbagai instansi terkait dan internal Karantina Palembang. Diakhir kegiatan juga dibuat kesepakatan hasil Rakor yang akan menjadi acuan tambahan dalam pelaksanaan koordinasi dan implementasi pengawasan dan penindakan yang terkolaborasi dengan efektif dan efisien.


Related Post