Badan Karantina Pertanian
 

Konsisten Tegakkan Hukum, Barantan Terima Penghargan dari Bareskrim POLRI

Administrator 09 November 2018 42

Jakarta (9/11) Bertempat di Assembly Hall Birawa Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada bulan Oktober lalu telah dilaksanakan rapat koordinasi Penyidik POLRI dan PPNS Kementerian/Lembaga tahun 2018 dengan Tema: "Penguatan sinergitas Penyidik POLRI dan PPNS untuk mengefektifkan Penegakan Hukum guna mendukung Program Pembangunan Nasional". Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan penyidik dengan bertukar pengalaman dalam diskusi secara intensif berdasarkan pengalaman yang didapatkan selama ini.

Dalam kegiatan tersebut Badan Karantina Pertanian (Barantan) yang diwakili oleh Kepala Bidang Kepatuhan Pusat KKIP Drs. Guntur, SP.,MM mendapat kehormatan menerima penghargaan dari Bareskrim POLRI atas proses penegakan hukum secara Nasional. Penghargaan ini tidak diberikan secara cuma-cuma, melainkan diraih dengan kerja keras oleh seluruh elemen pendukung sumber daya penegakan hukum di Barantan dalam menegakkan Undang-undang No.16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan. Bareskrim POLRI menyebutkan bahwa selama ini penyidik Barantan telah berkoordinasi dengan baik bersama POLRI dalam melaksanakan penegakan hukum.

Sepanjang tahun 2018 penyidik Barantan telah merampungkan sedikitnya 11 (sebelas) perkara dari sejumlah kasus yang ditangani. Penyidikan yang dilakukan PPNS Barantan atas perkara pelanggaran hukum tidak hanya ditangani oleh UPT besar seperti Karantina Soekarno Hatta namun juga dimulai dari Karantina Aceh hingga Karantina Jayapura. Tak main-main penegakan hukum atas pelanggaran terhadap peraturan Karantina Hewan dan Tumbuhan telah jatuh vonis kurungan penjara terhadap tersangka, diantara kasus penyelundupan daging celeng yang ditangani oleh penyidik Karantina Lampung dan penyelundupan satwa dilindungi oleh penyidik Karantina Soekarno Hatta.

Semoga prestasi yang diraih dapat dipertahankan dan semakin baik lagi dimasa depan.


Related Post