Badan Karantina Pertanian
 

Kabarantan Lantik 43 Pejabat Struktural dan 5 Pejabat Fungsiona

Administrator 20 Desember 2018 378

Jakarta – Hari ini, Banun Harpini, Kepala Badan Karantina Pertanian (Kabarantan), Kementerian Pertanian melantik 48 orang pejabat di lingkungan Barantan disaksikan oleh Sekretaris Inspektur Jendral, Kementerian Pertanian dan Pejabat Eselon II lingkup Barantan di Ruang Pertemuan Barantan (20/12). Pejabat yang dilantik terdiri dari 12 orang Eselon III, 24 orang Eselon IV dan 7 orang Eselon V Pelantikan kali ini merupakan mutasi dan promosi pegawai yang akan memberikan penyegaran di lingkungan baru.

Jabatan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) sebanyak 8 (delapan) posisi diserahterimakan dari pejabat lama ke pejabat baru masing-masing adalah Karantina Pertanian Pontianak, Palembang, Mataram, Palangkaraya, Tanjung Balai Asahan, Bengkulu, Ambon dan Timika.

Gambar. Penandatanganan pelantikan pejabat eselon di Badan Karantina Pertanian

Bagi pejabat pimpinan di Unit Pelaksana Teknis, Kabarantan meminta untuk bersiap bersama memasuki layanan perkarantinaan kelas dunia, manfaatkan era industri 4.0 dengan penggunaan teknologi informasi berbasis Internet of Things (IoT). Kabarantan juga menginstruksikan agar segera memilih kader Karantinawan dan Karantinawati di unit kerja yang memiliki integritas tinggi, kemampuan teknis dan kemampuan leadership untuk dapat diusulkan, dilatih dan disiapkan menjadi pemimpin karantina berkelas dunia di masa depan. Kabarantan menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi dengan instansi terkait guna mempermudah mitigasi potensi masuk dan tersebarnya hama penyakit hewan dan tumbuhan serta meningkatkan percepatan layanan ekspor produk pertanian.

Predikat terbaik dari berbagai penghargaan yang telah kita capai akan terus diuji oleh masyakarat, untuk itu kepada Kepala Tata Usaha (KA. TU) yang baru dilantik, Kabarantan berpesan bahwa KA. TU, adalah motor unit kerja untuk terus mengawal capaian SNI ISO 37001: 2016 tentang SMAP dan capaian lain di masing-masing unit kerja. "Saya harap masukan dari masyarakat dapat digunakan untuk mengevaluasi cara kerja kita, cara kita melayani cara kita menjaga integritas.”

Gambar. Peserta pelantikan Badan Karantina Pertanian

Apresiasi yang tinggi serta ucapan terima kasih atas pengabdian dan prestasi yang diberikan dari Kabarantan kepada para pejabat strukural yang memilih jalur karir pengabdian sebagai fungsional karantina pertanian.

Setelah pembacaan pakta integritas, Kabarantan juga berpesan kepada seluruh pejabat yang dilantik  untuk jaga sikap, jaga pikiran, dan jaga tindakan. “Saya percaya sebagai karantinawan dan karantinawati yang tangguh dan terpercaya akan siap pada posisi manapun yang anda tempati”, ujar Banun.

Gambar. Kepala Barantan beserta pejabat yang baru dilantik.


Related Post