Badan Karantina Pertanian
 

WORKSHOP APLIKASI PENETAPAN INSTALASI KARANTINA HEWAN TA 2019

Administrator 11 Februari 2019 783

(Sentul, 8/2)-Pada hari Rabu -Jumat, 6-8 Februari 2019, Pusat karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani melaksanakan kegiatan Workshop Aplikasi Penetapan Instalasi Karantina Hewan (APIKH) tahun 2019. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani dalam penetapan IKH, untuk menjaring permasalahan dari Pusat, UPTKP dan pihak pemohon IKH sehingga dapat diketahui dan diperbaiki bersama-sama. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani. Dalam arahannya Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani menyampaikan bahwa Aplikasi penetapan IKH (APIKH) merupakan salah satu inovasi proses penetapan calon IKH yang memudahkan pengguna jasa serta dilakukan secara transparan. Kelebihan dari APIKH adalah simpel, transparan, online, tertelusur dan akuntabel. Saat ini masih diperlukan perbaikan pada APIKH sehingga memudahkan pengguna jasa antara lain perlunya ada sistem edit pada aplikasi jika salah melakukan upload, penambahan kapasitas penyimpanan file serta penambahan/pengurangan menu yang diperlukan antara lain fitur perpanjangan IKH dan fitur perubahan kapasitas rumah walet.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari 30 UPTKP, 10 perwakilan pemohon IKH (dari asosiasi peternak sapi, asosiasi wallet dan perunggasan), serta 20 orang tim Pusat. Salah satu narasumber mengungkapkan bahwa Bidang Informasi Perkarantinaan sedang menyiapkan pengembangan APIKH 2019 dengan updating sistem, updating fitur, penambahan komoditas benda lain, dan integrasi APIKH dengan IQ-Fast, sehingga diharapkan pengembangan APIKH 2019 sudah bisa memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan dalam proses penetapan IKH.

Dalam acara ini dilakukan evaluasi terhadap penetapan IKH dari seluruh pihak yang terkait yaitu dari Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, pemohon IKH dan UPTKP. Berdasarkan hasil diskusi terdapat beberapa hal yang perlu di perbaiki di masing-masing pihak sehingga dapat terwujud janji layanan penetapan IKH selama 8 hari. (YQA)


Related Post