Sosialisasi Aplikasi Penetapan Instalasi Karantina Hewan Versi Baru

Administrator 14 Juni 2020 552

Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani pada hari Rabu, 10 Juni 2020 melaksanakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi Penetapan Instalasi Karantina Hewan (APIKH) versi baru. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani dalam penetapan IKH, untuk mensosialisasikan APIKH versi terbaru yang terus disempurnakan oleh tim bidang Informasi Karantina Pertanian Pusat KKIP kepada beberapa UPTKP.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani. Dalam arahannya Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani menyampaikan bahwa Aplikasi penetapan IKH (APIKH) merupakan salah satu inovasi proses penetapan calon IKH yang memudahkan pengguna jasa serta dilakukan secara transparan. Kelebihan dari APIKH adalah simpel, transparan, online, tertelusur dan akuntabel. Saat ini masih diperlukan penyempurnaan pada APIKH sehingga memudahkan pengguna jasa dalam hal meng upload dokumen administrasi yang dibutuhkan, melakukan edit terhadap permohonan yang sedang di proses, penyederhanaan persyaratan administrasi penetapan IKH, menambah fitur perpanjangan IKH dan fitur perubahan kapasitas rumah walet.

Sosialisasi APIKH versi baru ini dilakukan secara online atau video conference, kegiatan ini dihadiri secara online oleh para petugas verifikasi dan analisator di Pusat karantina Hewan serta mengundang beberapa UPTKP yaitu BBKP Soekarno Hatta, BBKP Tanjung Priok, BKP Kelas I Palangkaraya, dan BKP Kelas II Yogyakarta.

Dalam paparannya Kepala Bidang Karantina Hewan Hidup mengungkapkan bahwa Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani dan Bidang Informasi Perkarantinaan sudah menyiapkan APIKH versi baru dengan updating sistem, updating fitur, antara lain perubahan jumlah dan pola pengunggahan file. Semula Pengguna jasa mengisi dan mengupload data administrasi dan data teknis IKH secara online, namun kini dapat dilakukan secara offline dengan cara mengunduh lembar isian data adminitrasi dan teknis. Serta terdapat menu edit terhadap dokumen administrasi IKH, sehingga memudahkan pengguna jasa saat melakukan perpanjangan IKH dan memperbaiki dokumen apabila tidak sesuai. Pengguna jasa tidak perlu mengunggah seluruh dokumen administrasi dari awal, hanya dokumen yang dibutuhkan, hal ini akan menghemat waktu bagi penguna jasa. Diharapkan pengembangan APIKH versi baru sudah bisa memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan dalam proses penetapan IKH. APIKH versi terbaru akan di terapkan setelah terdapat tutorial pengaplikasiannya baik untuk petugas di pusat, di UPTKP maupun bagi pengguna jasa, diharapkan tutorial ini memudahkan bagi semua pihak.


Related Post