Inspiratif, ASN Barantan Raih Kesempatan Belajar di Polbangtan Sekaligus Sabet Berbagai Penghargaan

Administrator 28 Desember 2020 171

Jakarta – Ade Putra, Paramedik Veteriner di Karantina Pertanian Tanjung Pinang yang kini tengah melanjutkan pendidikan kedinasan melalui jalur tugas belajar di Politeknik Pembangunan Pertanian (POLBANGTAN) Bogor, menjadi salah satu aparatur sipil negara (ASN) yang cukup inspiratif. Selain keberhasilannya meraih kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ia juga mampu meraih berbagai penghargaan atas minat dan bakatnya di bidang menulis.


Ade berhasil meraih kesempatan belajar melalui ujian seleksi sekolah kedinasan yang digelar oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) pada tahun ajaran 2019/2020.


“Saat itu saya berbekal kemauan yang tinggi dan juga pasrah, lolos atau tidak, ga masalah, makanya saya ga nyangka bisa lolos seleksi, karena ujian dan jaraknya dari Kepulauan Riau ke Jakarta saat mengikuti ujian lanjutan, sungguh perjuangan,” kata Ade saat diwawancara melalui saluran telpon.


Ade mengaku, salah satu kesempatan berharga menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah mendapat kesempatan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi melalui jalur tugas belajar. Hal ini dalam rangka meningkatkan kompetensi dan pengembangan karirnya
Baginya, mendapatkan kesempatan tugas belajar seperti sebuah nikmat yang pantas disyukuri. Ade menjadi mahasiswa tugas belajar ASN satu – satunya dari Badan Karantina Pertanian yang diterima di Kampus Kedinasan Polbangtan Bogor.
Kemampuan dan Bakat Menulis
Saat bertugas sebagai pejabat Karantina Pertanian di unit kerjanya, Ade juga dipercaya untuk memegang tugas dan fungsi selaku petugas Hubungan Masyrakat. Tugas yang sejalan dengan hobinya menulis. Bahkan tidak sekedar hobi, ia memiliki segudang prestasi atas kemampuan dan bakat yang satu ini. Prestasi yang patut dibanggakan, mulai dari menjadi Perwakilan Pertemuan Mahasiswa Se-Asia 2019 (Travel and Meet People From All Around The Word 2019), menjadi Peserta Pertukaran Pemuda Asia Chapter 3 Jepang (Tokyo) 2020, selain itu Ade juga sering mendapatkan penghargaan dalam berbagai perlombaan menulis dan terakhir berhasil mengukir prestasi sebagai Penulis Puisi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 (Winner Selected Author and Best Author 2020) yang diselenggarakan secara online oleh penerbit ANLITERA.


Lebih membanggakan lagi, Ade telah menerbitkan beberapa buku diantaranya buku puisi Aku adalah Aku, Candra Mawa Hidup, Selembar Daun Pisang, Misteri Jodoh, Cinta Sekuntum Bunga dan Selayar Dalam Jungkung yang diterbitkan oleh beberapa literasi diantaranya Forum Aktif Menulis Indonesia, LiterasiFam Publishing Aishiteru menulis, Anlitera Indonesia, dan Zizanta Media. Menulis menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan diri, mengalirkan inspirasi dan menuangkan apa yang terpendam dalam diri, tambahnya.


Prestasi Ade juga diraih atas dorongan dan dukungan dari jajaran pimpinan Barantan, khususnya Raden Nurcahyo selaku Kepala Karantina Pertanian Tanjung Pinang. “Saya merasa bangga dapat mengharumkan nama Barantan dan Polbangtan Bogor, kedepan saya akan lebih bersemangat lagi menuliskan tentang pertanian dalam ranah karya sastra”, tukasnya (PKD/en)


Related Post