Kelapa Jambi, Berlayar ke Malaysia

Administrator 01 Maret 2021 176


Jambi -- Pejabat Karantina Jambi fasilitasi sertifikasi 120 ton ekspor kelapa dari Jambi menuju Malaysia. Kelapa tersebut dilalulintaskan melalui pelabuhan Kuala Tungkal. Pada saat pemeriksaan fisik dilakukan oleh pejabat karantina tumbuhan, tidak ditemukan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dari kelapa tersebut.

 

"Kelapa ini sudah kami lakukan tindakan karantina, tidak ditemukan adanya OPT, sehingga dapat dilalulintaskan," ujar Joni, pejabat Karantina Pertanian Jambi yang memeriksa. 

 

Jono juga menjelaskan bahwa seluruh komoditas pertanian yang akan dilalulintaskan pasti akan diperiksa kesehatannya, apalagi untuk ekspor, pihaknya akan pastikan tidak ada hama penyakit yang terbawa oleh media pembawa tersebut. 

 

"Jangan sampai komoditas pertanian kita ditolak oleh negara tujuan ekspor, semua harus kita pastikan sesuai dengan persyaratan negara tujuan ekspor," papar Joni.

 

 

Kelapa merupakan salah satu komoditas unggulan ekspor Indonesia. Karena kelapa adalah tanaman yang hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan. Mulai dari batang, daun, lidi, serabut, batok, air, serta buahnya memiliki nilai ekonomis. Terlebih lagi Indonesia adalah negara tropis dengan banyak pulau, yang sangat cocok untuk habitat tumbuh tanaman kelapa.

 

"Kelapa dengan segala produk olahan turunannya merupakan komoditas andalan ekspor, kita harus pastikan kelapa asal Indonesia adalah kelapa yang sehat sehingga tidak akan ada penolakan terhadap komoditas ekspor kita," pungkas Joni.

 

 


Related Post