Dongkrak Ekspor, Karantina Pertanian Aceh Bina Pisang Cavendish

Administrator 01 Maret 2021 77

 


Aceh -- Dalam upaya peningkatan ekspor komoditas pertanian, Karantina Pertanian Aceh targetkan ada peningkatan 20 persen dari nilai ekonomi ekspor tahun 2020. Untuk mencapai target tersebut diperlukan adanya penambahan keragaman komoditas ekspor. Salah satu yang menjadi target binaan komodias ekspor baru asal Aceh adalah pisang Cavendish.

 

Di daerah Rimba Raya, Kecamatan Pinto Rime, Kabupaten Bener Meriah terdapat lahan seluas 4 ha yang sedang digalakkan untuk ditanami pisang cavendish.

 

"Saat ini sudah ada 2500 batang di atas areal tanam satu hektar yang sudah berbuah dan di rencanakan dapat dipanen sekitar satu bulan mendatang," ujar Ibrahim, Kepala Karantina Pertanian Aceh saat mengunjungi lokasi pekan lalu.

 

Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat populer di dunia, di Indonesia pisang ini lebih dikenal dengan sebutan pisang Ambon Putih dan banyak di kembangbiakkan dengan metode kultur jaringan.

 

Karantina Pertanian Aceh lakukan kunjungan dan sosialisasi Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) kepada pemilik lahan yaitu PT. GGP (Great Giant Pineapple).

Bersama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Bener Meriah, Karantina Pertanian Aceh mendorong agar hasil panen pisang Cavendish dapat diupayakan untuk memenuhi pasar ekspor.

"Hal ini tentu dapat mendongkrak nilai ekonomi ekspor komoditas pertanian Propinsi Aceh," tutup Ibrahim.


#KarantinaPertanianAceh
#Gratieks


Related Post