Sinergi Lindungi Negeri, Komisi IV DPR RI Sambangi Karantina Pertanian Sumbawa

Administrator 02 Maret 2021 117

Sumbawa (2/3) – Karantina Pertanian Sumbawa menerima kunjungan Johan Rosihan, anggota Komisi IV DPR RI (24/2). Kunjungan tersebut dalam rangka memberikan penguatan institusi perkarantinaan di daerah untuk melindungi kelestarian sumber daya alam serta perlindungan dan peningkatan kesejahteraan petani.

Diterima oleh Kepala Karantina Pertanian Sumbawa Besar, Ida Bagus Putu Raka Ariana dengan menyampaikan selayang pandang giat operasional perkarantinaan selama kurun waktu tiga tahun terakhir dari 2018 hingga 2020.

Raka Ariana mengaku terdapat beberapa komoditas unggulan Sumbawa yang dipersiapkan untuk mendukung dan mensukseskan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor hingga tahun 2024 khususnya di Pulau Sumbawa antara lain sarang burung walet, madu, jagung, dan bawang merah.

“Karantina Pertanian Sumbawa terus berupaya dan konsen untuk mengawal potensi pertanian unggulan daerah agar dapat bersaing dan memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri hingga menuju pasar ekspor,” ungkap Raka Ariana.

Pada kesempatan tersebut, Johan berkesempatan mengunjungi Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Badas dan instalasi karantina hewan serta berdiskusi dengan ASN Karantina Pertanian Sumbawa guna memastikan proses bisnis karantina berjalan lancar.

Johan juga menitipkan amanah konstitusi dalam upaya melindungi Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia, khususnya Pulau Sumbawa untuk dijaga dan dilindungi dari ancaman masuk dan tersebarnya HPHK/OPTK serta optimalisasi pelaksanaan tugas lainnya sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 21 Tahun 2019. Selain itu juga, diperlukan dukungan dalam rangka terwujudnya kesejahteraan masyarakat petani dengan mengelola potensi SDA khususnya sektor pertanian di daerah yang hasilnya tidak hanya dapat dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri tetapi juga diupayakan dapat menembus dan memenuhi kebutuhan pasar mancanegara. (KP Sumbawa/humaspkd)


Related Post