156 Pejabat Fungsional Perkarantinaan Telah Resmi Dilantik

Administrator 13 April 2021 108

Jakarta – Sekretaris Badan Karantina Pertanian Barantan, Wisnu Haryana melaksanakan pelantikan Jabatan Fungsional Tertentu di lingkungan Badan Karantina Pertanian pada Selasa (06/04). Pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan secara luring dan juga daring melalui Zoom.Jakarta – Sekretaris Badan Karantina Pertanian Barantan, Wisnu Haryana melaksanakan pelantikan Jabatan Fungsional Tertentu di lingkungan Badan Karantina Pertanian pada Selasa (06/04). Pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan secara luring dan juga daring melalui Zoom.


Pelantikan Jabatan Fungsional Tertentu ini merujuk pada pemberlakuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 42 Tahun 2018 mengenai Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Fungsional melalui penyesuaian atau inpassing. Berdasar peraturan tersebut, hari ini merupakan batas akhir pengangkatan PNS dalam jabatan Fungsional melalui penyesuaian/inpassing setelah menyelesaikan segala proses meliputi uji kompetensi hingga penerbitan rekomendasi pengangkatan dan pelantikan. 


Meski demikian, berakhirnya masa inpassing ini bukan berarti menutup kemungkinan bagi pegawai untuk diangkat kembali dalam suatu jabatan fungsional. Sesuai dengan Permen PANRB No. 13 tahun 2019, mekanisme pengangkatan PNS kedalam jabatan fungsional selain melalui pengangkatan penyesuaian/inpassing juga terdapat mekanisme lain yaitu pengangkatan pertama kali, perpindahan dari jabatan lain dan promosi.


Dalam kesempatan ini, Wisnu dalam sambutannya mengajak seluruh pejabat fungsional tertentu yang baru dilantik untuk bekerja secara profesional dan berkinerja sesuai dengan tugas jabatan dan spesialisasinya.


“Kompetensi dan keilmuanya hanya dapat produktif jika pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki diintegrasikan kedalam suatu tugas dan perkerjaan sehingga semua potensi yang dimiliki dapat berkontribusi maksimal bagi organisasi,” tuturnya. 


Adapun jabatan fungsional khusus yang dilantik adalah:

  1. Pranata Keuangan APBN sebanyak 67 orang 
  2. Analis Kepegawaian sebanyak 33 orang
  3. Analis Pengelola Keuangan APBN sebanyak 26 orang
  4. Arsiparis sebanyak 18 orang
  5. Perkarantinaan Tumbuhan sebanyak 4 orang
  6. Dokter Hewan Karantina sebanyak 2 orang
  7. Pengawas Mutu Hasil Pertanian sebanyak 2 orang
  8. Paramedik Karantina Hewan sebanyak 1 orang
  9. Pengawas Mutu Hasil Pertanian sebanyak 1 orang


“Saya ucapkan selamat bekerja dengan harapan bahwa saudara mampu membuktikan kemampuan saudara dengan menunjukkan prestasi kerja yang baik dimasa yang akan datang. Kepada seluruh Pejabat Fungsional Tertentu, baik yang diambil sumpahnya dan dilantik pada hari ini maupun yang hadir pada kesempatan ini, agar senantiasa menunjukkan dedikasi, loyalitas dan kinerja yang tinggi,” tutup Wisnu mengakhiri.


Related Post