Dukung Percepatan Ekspor, Karantina Pertanian Asahan Lakukan Koordinasi

Administrator 03 Mei 2021 97

TB Asahan (3/5) – Kepala Karantina Pertanian Asahan, Edwar Syam lakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Asahan guna koordinasi. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Penanggung Jawab (PJ) Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Kominfo Kabupaten Asahan dan Kepala Bagian Perekonomi Setda Kab. Asahan di ruang kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Rabu (28/4).

Dalam kesempatan itu Edwar menyampaikan, bahwa tujuan kunjungannya ke Pemda Kabupaten Asahan untuk mengajak Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan bekerjasama saling bergandengan tangan dengan Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan membangun Kabupaten Asahan dalam pengembangan dan peningkatan ekspor sumberdaya alam khususnya komoditas pertanian yang ada dalam Kabupaten Asahan.

Edwar menambahkan, saat ini Kementerian Pertanian menggalakkan program gerakan tiga kali lipat ekspor (Gratieks) komoditas pertanian dan Karantina Pertanian sebagai koordinatornya. Secara geografis, kantor induk Karantina Pertanian Asahan terletak di wilayah Kabupaten Asahan tepatnya di Batu Sembilan. Oleh karena itu, untuk mewujudkan program tersebut akan diberikan perhatian lebih terhadap lima Kabupaten/Kota lainnya yakni Labuhan Batu, Labusel, Labura, Tanjung Balai dan Batu Bara yang menjadi bagian dari wilayah kerja Karantina Pertanian Tanjungbalai Asahan.

Menurut Edwar lagi, untuk mewujudkan program Gratieks di Kabupaten Asahan, perlu dilakukan upaya percepatan. Tentunya diawali dari adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Asahan. Sehingga ke depan diharapkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Asahan akan lebih meningkat menjadi lebih baik lagi. "Karena itu, kami hadir untuk membangun daerah," ungkap Edwar.

Menanggapi hal tersebut, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, John Hardi Nasution menyampaikan rasa terima kasih dan mengapresiasi kunjungan Kepala Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan. Menurutnya, beberapa hal yang telah disampaikan oleh pihak Karantina Pertanian telah membuka wawasannya tentang tugas perkarantinaan. Tidak hanya menjaga keamanan pangan tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pengembangan dan peningkatan ekspor komoditas sumber daya alam yang ada di Kabupaten Asahan, khususnya ekspor komoditas pertanian.

Lebih lanjut, John Hardi mendukung hal tersebut, dan merencanakan akan membentuk tim percepatan ekspor komoditas pertanian Kabupaten Asahan sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekspor komoditas pertanian yang ada di Kabupaten Asahan. Selanjutnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelaku usaha. Pihaknya juga akan melibatkan OPD-OPD terkait sebagai anggota tim percepatan dan peningkatan ekspor dari Kabupaten Asahan. (KP TB Asahan/ humaspkd)


Related Post