Dukung Gratieks, Karantina Pertanian Mamuju Jalin Koordinasi dengan BPTP dan BPS Sulbar

Administrator 03 Mei 2021 34

Mamuju (3/5) – Sukseskan program Gratieks di Sulbar, Pejabat Karantina Pertanian Mamuju kunjungi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Barat guna melakukan koordinasi terkait rencana Bimbingan Teknis pendukung Gratieks bidang peternakan.

Bimbingan Teknis yang rencananya dilaksanakan pada pekan kedua bulan Juni tersebut merupakan upaya untuk mensukseskan program Gratieks yang digaungkan Menteri Pertanian demi pembangunan pertanian di Sulbar bersama BPTP Sulbar.

Kunjungan ini sekaligus sebagai tindak lanjut terhadap kunjungan sebelumnya di Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar. Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPS Sulbar, Agus Gede Hendrayarna mengungkapkan kesediaannya dalam mendukung Gratieks melalui pemberian data potensi ekspor komoditas pertanian agar perencanaan lebih terarah.

Kepala Karantina Mamuju, Agus Karyono menyampaikan bahwa Sulbar memiliki potensi ekspor di bidang peternakan, salah satunya sarang burung walet (SBW) namun terkendala pada proses pembersihan SBW. "Meskipun terkendala pada prosesnya, namun terhitung tahun 2021 hingga bulan April, jumlah komoditas SBW yang telah disertifikasi sebanyak 807 kilogram dengan frekuensi 14 kali pengiriman tujuan Salatiga," ungkap Agus Karyono.

Agus Karyono berharap kedepannya Sulbar bisa melakukan ekspor SBW sendiri. Hal ini dapat dilihat dari tingginya produksi dan tentunya dukungan dari stakeholder, diantaranya BPTP Sulbar dan BPS Sulbar. (KP Mamuju/ humaspkd)


Related Post