Pancing Eksportir Milenial Baru, Karantina Pontianak Gelar Bimtek

Administrator 17 Juni 2021 94

Dorong peningkatan ekspor di Kalimantan Barat, Karantina Pontianak gelar Bimbingan Teknis Kelapa dan turunannya. Kelapa merupaka salah satu komoditas unggulan Kalimantan Barat yang menjadi primadona ekspor setiap tahunnya. Kelapa memiliki produk olahan turunan yang sangat beragam. Hal ini yang dapat memberikan nilai tambah bagi kelapa yang juga  dapat meningkatkan devisa negara.

Ketersediaan bahan baku dan permintaan pasar yang tinggi, menjadi keuntungan tersendiri untuk meningkatkan volume ekspor serta memunculkan eksportir baru.

“Permintaan produk kelapa dan turunannya terus meningkat tiap tahunnya, hanya saja industri pengolahan di KalBar masih sedikit, diharapakan dengan adanya informasi dari kegiatan ini giat industri di KalBar dapat meningkat sekaligus melahirkan eksportir baru, sehingga permintaan pasar internasional dapat terpenuhi”, ujar Kepala Karantina Pertanian Pontianak, Amir Hasanuddin, pada saat pembukaan (16/6).

Bimtek yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh perwakilan instansi pemerintahan dan swasta terkait se-KalBar, instansi pendidikan, Karantina Pertanian se-Kalimantan, perusahaan eksportir, serta calon eksportir millenial di Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini diawali dengan materi sekaligus pembukaan oleh pembicara kunci, Kepala Pusat KKIP, Junaidi dengan judul Kebijakan Strategis Dalam Rangka Pencapaian Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) Komoditas Pertanian. Materi ke 2, dilanjutkan oleh Kepala Pusat KT-KHN, A.M. Adnan yang menerangkan persyaratan dan akses pasar negara tujuan ekspor komoditas kelapa dan turunannya.

Sementara Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Munsif menyampaikan tentang potensi pengembangan komoditas kelapa dan turunannya di Provinsi Kalimantan Barat. Selanjutnya materi dipaparkan oleh perwakilan Balai Proteksi Tanaman Perkebunan, Evy Taviana dengan judul Pembinaan dan Pengawalan Petani Kelapa menuju Organik dalam rangka Peningkatan Ekspor.

Materi selanjutnya prosedur kepabeanan dalam rangka fasilitasi kelancaran ekspor komoditas dijelaskan oleh perwakilan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B, Agung W. Materi terakhir beserta puncak kegiatan kali ini yaitu sharing ilmu bersama manajer PT. Unicoco Industries Indonesia, Manish Vaishnav, tentang peluang dan kendala ekspor kelapa dan turunannya.

 

#Gratieks
#KarantinaPertanianPontianak


Related Post