Gelar TOT Imace se Kalbar, Karantina Pontianak yakini Target Gratieks Tercapai

Administrator 29 Juli 2021 144

 

Pontianak - Pemutakhiran data informasi di sektor pertanian merupakan salah satu cara untuk memenuhi 6 strategi capaian dari Program Gratieks. Oleh karena itu Kementerian Pertanian terus melakukan terobosan dan inovasi agar informasi dapat diterima cepat oleh para pemangku kepentingan dan masyarakat umum.

 

Indonesian Map of Agricultural Commodities Export atau disingkat “i-Mace” adalah aplikasi yang berisi informasi seputar kegiatan ekspor di sektor pertanian, sehingga diharapkan dapat menjembatani pengembangan komoditas di hulu mengacu pada kondisi pasar ekspor komoditas pertanian.

 

Dari harapan tersebut, maka Karantina Pertanian Regional Kalimantan Barat mengadakan sosialisasi pengenalan sekaligus TOT aplikasi I-Mace kepada seluruh instansi provinsi maupun kabupaten se- Kalimantan Barat. Rabu (28/7) bertempat di Rupatama, Karantina Pertanian Pontianak, kegiatan yang dilakukan secara luring dan daring ini, dibuka langsung oleh Kepala Karantina Pertanian Pontianak. Amir Hasanuddin mengatakan bahwa, I-Mace merupakan aplikasi digital untuk memudahkan kita terkait dengan komoditas komoditas ekspor yang ada di daerah, dikarenkan ujung tombak ekspor memang berada di hulu/daerah.

 

Ketika berbicara tentang ekspor, lanjut Amir, tidak akan terlepas dari 3 hal, yaitu kualitas, kuantitas, dan kontinuitas, dimana 3 hal tersebut sudah terdapat dalam aplikasi I-Mace tersebut, serta dapat dijadikan rujukan potensi dan peluang ekspor di setiap daerah.

 

Materi dilanjutkan dengan pengenalan Karantina Pertanian secara umum maupun kegiatan Karantina Pertanian Pontianak khususnya, pengenalan Aplikasi I-Mace, serta TOT penggunaan Aplikasi I-Mace.


Seluruh peserta sangat antusias pada saat mengikuti kegiatan ini, terbukti dari adanya diskusi dua arah yang dilakukan dan banyaknya pertanyaan yang disampaikan.

 

Dengan pengenalan I-Mace ini diharapkan admin-admin daerah dapat menyampaikan kepada Bupati dan/atau Kadis serta Petani dapat mengenai informasi terkait eksportasi, mulai dari negara tujuan, pelaku usaha, persyaratan, dan prosedur ekspor, serta komoditas pertanian yang berorientasi ekspor.

 

#Gratieks
#KarantinaPertanianPontianak


Related Post