Capai Target Kinerja, Barantan Lakukan Uji Kompetensi Empat Jabatan Fungsional Bidang Karantina

Administrator 12 September 2022 175

Bogor – Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian gelar uji kompetensi bagi empat Jabatan Fungsional Bidang Karantina yaitu Dokter Hewan Karantina (DHK), Analis Perkarantinaan Tumbuhan (APT), Pemeriksa Karantina Tumbuhan (PKT) dan Paramedik Karantina Hewan (PKH) di Hotel Royal Bogor selama lima hari kedepan, mulai tanggal 10 hingga 14 September 2022 mendatang.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Badan Karantina Pertanian, Wisnu Haryana memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan. “Uji kompetensi ini merupakan tools untuk menyaring kandidat yang memenuhi standar komposisi untuk memenuhi kebutuhan jabatan fungsional sesuai formasi yang tersedia,” ungkap Wisnu.

Dikatakan Wisnu, kegiatan uji kompetensi ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro Organisasi dan Kepegawaian, Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian. Kegiatan ini akan diawali dengan uji kompetensi melalui metode _Computer Assisted Test_ (CAT) dan diakhiri dengan wawancara manajerial sosio kultural serta wawancara teknis sebelum hasil akhir berupa rekomendasi diterbitkan.

Wisnu menambahkan, Sebanyak sembilan orang APT Muda, 37 orang DHK Muda serta dua orang Kepala Unit Pelaksana Teknis Karantina Pertanian (UPT KP) berhasil lolos CAT dan selanjutnya dilakukan wawancara teknis. Uji Kompetensi berupa wawancara teknis ini menghadirkan tim penguji dari Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati sebanyak empat orang serta Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani sebanyak sembilan orang.

“Muatan wawancara teknis ini diharapkan dapat mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku peserta uji, terkait bidang teknis jabatannya melalui makalah dan presentasi, sehingga diharapkan dapat memenuhi standar dan mendukung target kinerja Badan Karantina Pertanian” pungkas Wisnu. (pkd)


Related Post