Gelar Rakornas Gratieks, Bambang Instruksikan Pertajam Langkah Operasional

Administrator 15 November 2022 205

Jakarta – Tugas strategis untuk mengawal upaya peningkatan ekspor pertanian merupakan apresiasi dari Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo (SYL). Untuk itu, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Kementan RI, Ir. Bambang, MM instruksikan jajarannya untuk mempertajam langkah operasional.

Hal ini disampaikan Bambang saat memberi arahan pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) secara daring di Agriculture War Room (AWR) Barantan, Jakarta, Selasa (15/11).

“Baru-baru ini kita (Barantan, red) diberikan tugas menjadi bagian dalam Tim Patriot Ekspor Lingkup Kementerian Pertanian yang tertuang dalam Kepmentan No. 761 Tahun 2022. Barantan diberikan tugas strategis untuk mengawal upaya peningkatan ekspor pertanian. Ini merupakan apresiasi yang tinggi dari pak Menteri (SYL, red) kepada jajaran Karantina Pertanian,” kata Bambang.

Menurut Bambang, tugas mengawal Gratieks telah memasuki tahun ketiga, dengan capaian nilai peningkatan yang signifikan. Dengan rakor yang diselenggarakan secara luring di Makassar, Sulawesi Selatan, ia berharap hasilnya dapat merumuskan penguatan operasional Barantan dalam mendukung Gratieks.

“Antara lain pendampingan pemenuhan persyaratan negara tujuan, percepatan layanan ekspor perkarantinaan, harmonisasi aturan SPS, sinergisitas dengan kementerian/lembaga serta kampanye publik agar dapat dipertajam,” tuturnya.

Perkuat Penderasan Informasi Perkarantinaan

Dalam kesempatan yang sama, Kabarantan Bambang juga menekankan untuk penderasan informasi perkarantinaan. Hal ini sebagai bentuk kampanye publik tentang tugas pokok Barantan yang bertugas di garda terdepan.

Karantina, Bambang menjelaskan, memiliki jumlah pegawai keseluruhan sebanyak 5.000 orang. Perkuat penderasan informasi mengenai kinerja dan tugas pokok perkarantinaan. Baik terkait kegiatan di pusat maupun di daerah.

"Mari rapatkan barisan. Tingkatkan kolaborasi dengan pihak-pihak lain agar kita dapat mengampu tugas kita dengan baik," pungkas Bambang.

Turut hadir pimpinan tinggi pratama, kepala UPT lingkup Barantan, tim Gratieks UPT-KP dan tim Karimin UPT-KP.


#Gratieks
#KarantinaPertanian


Related Post