Bambang Melantik dan Mengukuhkan 265 ASN Lingkup Barantan

Administrator 25 November 2021 145

Pekanbaru -- Sebanyak 265 Aparatur Sipil Negara lingkup Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian dikukuhkan dan dilantik. Pengukuhan dan pelantikan dipimpin langsung Kepala Badan Karantina Pertanian, Ir. Bambang, MM, di Pekanbaru, Riau, Rabu (24/11).

"Pertama, saya mengucapkan selamat, dan semoga Saudara yang telah dilantik saat ini dapat memberikan darma bakti terbaik," kata Bambang, saat memberikan sambutan setelah pelantikan dan pengukuhan.

Menurut Bambang, posisi jabatan yang diberikan adalah bentuk apresiasi dan kepercayaan institusi kepada pegawai jadi harus dibuktikan dengan kinerja yang baik. Selain kinerja yang baik, bisa jadi kepercayaan yang diberikan saat ini adalah buah dari kebaikan-kebaikan yang Saudara lakukan atau mungkin doa kebaikan dari orang tua kita. Maka jangan nodai prosesnya dengan cara-cara yang tidak baik.

Dari 265 ASN lingkup Barantan tersebut, 9 orang yang dilantik untuk 2 jabatan Administrator, dan 7 Pengawas. Ditambah untuk lingkup Unit Pelaksana Teknis ada 49 orang Kepala Unit Pelaksana Teknis, 5 orang Kepala Bagian Umum dan 20 orang Kepala Subbagian Tata Usaha Lingkup UPT Barantan. Sisanya 182 orang pejabat fungsioanal yang dikukuhkan sebagai Koordinator dan Subkoordinator karena adanya perubahan nomenklatur.

Reformasi Birokrasi dengan Penyederhanaan Birokrasi

Pelantikan dan pengukuhan ini merupakan penerapan Permentan nomor 08 tahun 2021 tentang Kelompok Substansi dan Subkelompok Substansi pada Kelompok Jabatan Fungsional Lingkup Kementerian Pertanian.

Bambang menyebutkan bahwa hal ini sebagai bentuk respon positif upaya pemerintah dalam memangkas hierarki struktural yang cenderung memperpanjang proses layanan administratif.

Sejak terbitnya Permenpan RB Nomor 28 Tahun 2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional, seluruh kementerian Lembaga telah mengalami penyederhanaan birokrasi dengan menyetarakan pejabat pengawas dan administrator yang dihapus ke dalam jabatan fungsional.

Pelaksanaan penyetaraan pejabat fungsional eks struktural bertujuan untuk menempatkan pejabat fungsional sebagai garda utama dalam mengawal berjalannya berbagai program pembangunan di Badan Karantina Pertanian (Barantan) Nantinya, para pejabat fungsional akan dikomandoi oleh koordinator maupun sub koordinator.

“Momentum penyederhanaan birokrasi dapat sekaligus mengubah mindset bahwa jabatan fungsional bukan merupakan jabatan second layer, namun merupakan jabatan spesialis, jadi diharapkan dapat lebih memberikan kontribusi kinerja yang lebih baik ke depannya,” pungkas Bambang.

*)RilisBarantan No. 0611/R-Barantan/11.2021


Related Post