Tetapkan Unit UPG Lingkup Kementan, Barantan Raih Terbaik I

Administrator 07 Desember 2021 164

Jakarta – Menteri Pertanian RI, menetapkan Badan Karantina Pertanian (Barantan) sebagai Terbaik I dalam Penetapan Unit Pengelola Gratifikasi Terbaik Eselon I lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2021. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 709/KPTS/KP.590/M/12/2021 Tanggal 2 Desember 2021.

Penetapan ini adalah wujud implementasi tatakelola pemerintahan yang baik (Good Governance) dan pemerintahan yang bersih (Clean Government), serta bentuk kepatuhan Barantan dalam pelaksanaan Permentan 97/Permentan/OT.140/7/2014 tentang Pedoman Pengelolaan Gratifikasi Lingkup Kementerian Pertanian. Barantan juga melaporkan penerimaan gratifikasi di Sub-UPG Barantan kepada Sub UPG Kementerian Pertanian dan diteruskan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Disamping penerapan Permentan 97/Permentan/OT.140/7/2014, Barantan juga telah tersertifikasi SNI ISO 37001 Tahun 2018 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) di 52 Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Barantan dan Sistem Pengendalian Internal (SPI) beserta evaluasi pelaksanaannya di Kantor Pusat dan UPT. Kebijakan atau inovasi terhadap titik-titik kristis yang berpotensi adanya pungutan liar, suap dan atau gratifikasi juga dibuat dan dilaporkan.

Secara terpisah, Kepala Barantan, Bambang melalui keterangan persnya, Selasa (7/12), menyampaikan bahwa Ïni adalah prestasi Barantan dalam penerapan sistem pencegahan gratifikasi, banyak titik-titik kritis tindakan karantina yang berpeluang adanya gratifikasi, namun dengan ini Barantan dapat diyakinkan bersih.

“Terima kasih untuk kepercayaan Menteri Pertanian kepada Barantan atas penghargaan ini. No Suap, No Pungli, No Gratifikasi," pungkas Bambang.

Narahubung :
Bambang – Kepala Badan Karantina Pertanian


Related Post