Perkuat Kerjasama, New Zealand Kenalkan Atase Pertanian Baru

Administrator 19 April 2022 139

Jakarta – Hubungan bilateral antara Indonesia dan New Zealand bidang perdagangan khususnya produk pertanian telah terjalin dengan baik. Guna memperkuat kerjasama tersebut, Koordinator Kerjasama Perkarantinaan, Pusat Kepatuhan, Kerjasama, dan Informasi Perkarantinaan (KKIP), Rindayuni menyambut kedatangan Atase Pertanian New Zealand di Kantor Kementerian Pertanian RI, Jakarta (14/4).

Pada kesempatan tersebut, Atase Pertanian lama, Jack Lee memperkenalkan Cris Wilson sebagai Atase Pertanian baru yang akan bertugas di Indonesia dan  memperbaharui perkembangan kerjasama dalam bidang pertanian. Lee menyampaikan bahwa sekarang New Zealand memiliki impor sistem yang bersifat bach, dimana New Zealand akan menyelesaikan Import Health Standard (IHS) secara satu persatu dan berurutan.

Rindayuni mengatakan, pada pertemuan tersebut disampaikan hasil pertemuan terkait e-cert dengan Indonesia yang telah dilakukan pada pertemuan pertama di bulan April 2022. New Zealand akan melakukan skema sistem yang terhubung dengan e-phyto hub dan setelah itu New Zealand akan memiliki sistem sendiri. “Sedangkan Indonesia masih dalam perbaikan sistem pada phytosanitay certificate dan animal quarantine certificate,” tambahnya.

Selanjutnya, Lee juga menyampaikan bahwa New Zealand masih menunggu dokumen pendukung dari Indonesia untuk access pasar buah nanas.

Lebih lanjut, terkait komoditas manggis dan salak yang akan diekspor ke New Zealand, perwakilan dari Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati (KTKHN) menyampaikan bahwa permintaan New Zealand untuk menggunakan Methil Bromide (MB) akan sulit untuk dilakukan karena MB yang tersedia berbeda tingkat kemurniannya, sehingga MB yang terdapat di Indonesia dapat merusak buah. Selain itu juga disampaikan bahwa telah memiliki alternatif treatment berupa high pressure water treatment yang telah diakui oleh General Administration of Customs China (GACC) untuk kedua komoditas ekspor tersebut.

Rindayuni juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini dan memberikan ucapan selamat bertugas di posisi yang baru di New Zealand untuk Jack Lee. Pihaknya juga mengucapkan selamat datang kepada Cris Wilson dan selamat bertugas di Indonesia dengan harapan semakin memperkuat kerjasama di bidang pertanian ke depannya.

Hadir perwakilan dari Pusat KKIP, Pusat KTKHN dan Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani (KHKHH) juga hadir dalam pertemuan tersebut.


Related Post