Sosialisasi Karantina Pertanian melalui Lomba Burung

Administrator 01 Juni 2016 1539

Banyak jalan menuju Rhoma, dapat menjadi slogan  Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Palangkaraya Wilayah Kerja Sampit dalam upayanya memperkenalkan institusi karantina kepada masyarakat. Salah satu kreatifitas yang dilakukan BKP Palangkaraya wilker Sampit adalah dengan menyelenggarakan lomba burung berkicau beberapa hari yang lalu (15/05). “Kegiatan lomba ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan tugas dan fungsi Karantina Pertanian serta menjalin silaturahmi antar sesama kicau mania di Wilayah Kalimantan Tengah.” Ujar Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangkaraya yang diwakili oleh Drh. Agus Sugiyono selaku Kasie Karantina Hewan.

Selain untuk menjalin silaturahmi, beliau berpesan kegiatan ini diharapkan mampu menyerap partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam perkarantinaan Indonesia yaitu dengan melapor kepada Petugas Karantina apabila membawa media pembawa yang akan dikirimkan melalui Bandara ataupun Pelabuhan di Wilayah Kalimantan Tengah.

Peserta lomba burung berkicau, selain dari Kota Sampit, juga diikuti dari luar Sampit seperti Palangkaraya, Kab. Kasongan, Kab. Kotawaringin Barat dan Kab. Seruyan. Berbagai macam burung diperlombakan antara lain burung Murai Batu, Kacer, Cucak Hijau, Pentet dan Burung Kenari.  Acara lomba dibagi menjadi  3 kelas yaitu kelas Barantan, Kelas Balai dan Kelas Stasiun. Sebagian besar peserta berharap kegiatan ini menjadi kegiatan tahunan dan lebih meriah lagi di tahun – tahun mendatang sehingga diimbangi lebih besar pula hadiahnya.


Related Post