Presiden Inspeksi Layanan Kapal Ternak di Kupang

Administrator 23 Agustus 2019 181

Kupang - Saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Nusa Tenggara Timur, presiden meninjau pelabuhan sekaligus menginspeksi layanan kapal ternak (Tol Laut) yang sedang melakukan pemuatan sapi di pelabuhan Tenau, Kupang (22/8). Menurut Presiden Jokowi dari enam trayek kapal pengangkut ternak, lima di antaranya menyinggahi NTT. Dari lima trayek tersebut, setiap tahun dapat mengangkut 70 ribu ternak dari NTT untuk memenuhi kebutuhan di Pulau Jawa dan sekitarnya.

Gambar : Presiden Joko Widodo setelah lakukan inspeksi tindakan karantina di kapal ternak yang bersandar di Pelabuhan Tenau, Kupang (21/8).

Menurut drh. Sujarwanto, Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama dan Informasi Publik yang turut hadir pada kegiatan tersebut menyebutkan bahwa dari data otomasi Barantan IQFAST, frekuensi pengiriman pada periode Januari sampai dengan Juli meningkat 163,2% dibandingkan tahun lalu yaitu sebanyak 315 sertifikasi sedangkan tahun sebelumnya hanya 193 sertifikasi. "Kita pastikan ternak yang akan dikirim sehat sehingga aman," katanya.

Kepala Balai Karantina Kelas I Kupang, drh. Nurhartanto menambahkan bahwa sebelum diberangkatkan, sapi-sapi diberikan tindakan karantina berupa pemeriksaan fisik dan laboratorium. Hasil laboratorium dikeluarkan pada hari yang sama. Selama pengujian, ternak diistirahatkan dan dilakukan pengamatan di Instalasi Karantina Hewan (IKH) milik Karantina Kupang. Menurut Nurhartanto, IKH yang ia miliki saat ini berkapasitas 2.000 ekor.

Gambar : Dokter hewan karantina saat melakukan pengawasan di kapal ternak yang bersandar di Pelabuhan Tenau, Kupang (21/8).

Dari data yang ada, sapi tercatat dikirim ke Bekasi, Bogor, Indramayu, Subang, Banjarmasin, DKI Jakarta, Palangkaraya dan Samarinda.

 

Gambar : Presiden Jokowi dan rombingan saat lakukan kunjungan di Pelabuhan Tenau, Kupang NTT (21/8)

Gambar : Presiden Jokowi sesaat setelah melihat ternak sapi yang akan dikirim ke Kalimantan dengan kapal ternak (21/8)

Gambar : Petugas karantina yang sedang melakukan pengawasan pemuatan ternak ke kapal Camara Nusantara 3 (Tol Laut) di pelabuhan Tenau,KUpang, NTT (21/8)

 


Related Post