Tutup Latdas, Kabarantan Berikan Hadiah bagi 4 Pejabat Karantina Pertanian Lulus Terbaik

Administrator 21 Maret 2020 108

Bekasi -- Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil Ph.D memberikan apresiasi kepada 4 pejabat karantina pertanian yang telah berhasil
lulus pada pelatihan dasar (latdas) dengan angka terbaik.

Masing-masing adalah Erika Rosminim Deswita Purba dari kelas POPT Ahli, drh. Muamar Darda dari kelas Medik. Keduanya akan mendapat kesempatan pertama untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata-2.

Selanjutnya adalah Siti Wulandari dari kelas Paramedik Veteriner dan Reni Erfiana dari kelas POPT Terampil Reni, mendapatkan kesempatan untuk memilih tempat tugas dimanapun pada pengabdian 5 (lima) tahun pertama.

"Segala prestasi harus kita apresiasi. Ini bukti kalian bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas yang diberikan," kata Ali Jamil saat menutup Pelatihan Dasar Calon Pejabat Karantina Pertanian TA 2020 di Bekasi (20/3).

Apresiasi yang tidak disangka-sangka seluruh peserta ini langsung disambut meriah oleh 205 peserta yang mengikuti upacara penutupan yang berlangsung khimad.

Gambar : Peserta Latihan Dasar Karantina Pertanian saat lakukan persiapan penutupan di Karantina Uji Terap (20/3)

Latdas yang belangsung selama 54 hari ini merupakan pelatihan wajib yang harus diikuti oleh calon pejabat karantina pertanian baik dari medik veteriner, paramedik veteriner, POPT Ahli dan Terampil.

Kepala Karantina Pertanian Uji Terap dan Teknil Metoda, Wawan Sutian menyebutkan bahwa seluruh rangkaian pendidikan dasar telah berjalan dengan baik. Hal ini terbukti seluruh peserta dapat mengikuti seluruh pendidikan dan dinyatakan lulus juga sehat. Saat yang sama pihaknya juga telah melakukan tes uji bebas narkoba dari Badan Narkotika Nasional, dan dinyatakan semua peserta terbukti negatif.

Wawan juga menyampaikan pihaknya telah melaksanakan sumpah pegawai yang dilakukan langsung oleh Biro Organisasi Kepegawaian, Sekretariat Jendral Kementerian Pertanian. Seluruh peserta telah siap mengemban tugas di unit pelaksana teknis karantina pertanian diseluruh Indonesia.

Selain itu, 14 pejabat karantina pertanian yang juga berhasil meraih prestasi baik adalah masing-masing : Ahmad Puji Hastowo, Difa Anindita dan Alfiandi Basyari dari kelas paramedik A ; Emilia dan Sujud Nugroho dari kelas paramedik B1 ; Egydia Narera Damayanti, Asri Nurhayati, M. Nurasyikin dari kelas POPT Terampil 56 ; Mira Aryuni dan Apirman dari kelas POPT Terampil 57 ; Aviv Oktaviana Santoni, Aqel Juang al-Qosam, Oktaviana dari kelas POPT Terampil 58.

Gambar : Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil saat memberikan hadiah pada peserta terbaik Latihan Dasar Karantina Pertanian di Karantina Uji Terap tahun 2020

Antisipasi Pandemi Covid 19

Kepala Barantan pada kesempatan ini juga menyampaikan arahan Presiden dan yang telah ditindaklanjuti oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dilingkup kerja Kementerian Pertanian terkait bekerja, belajar dan beribadah dirumah saja sebagai upaya meminimalisir penyebaran pandemi global Covid19.

Namun tentunya tidak semua dari kita berkesempatan untuk melakukan hal ini, layanan publik harus tetap berjalan, termasuk tugas Barantan untuk memastikan bahan pangan masyarakat asal produk pertanian sehat, aman dan tetap tersedia.

"Lakukan tugas mulia ini dengan baik. Saya instruksikan seluruh pimpinan unit kerja untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja. Untuk saudara yang bertugas jaga kebersihan, stamina tubuh, gunakan APD standar dan jaga jarak,"
pungkas Jamil.

Gambar : Atraksi baris-berbaris peserta Latihan Dasar Karantina Pertanian saat acara penutupan di Karantina Uji Terap


Related Post