Koordinasi Daring Bahas Persiapan Layanan Menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri

Administrator 15 April 2020 452

Jakarta (14/4) Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini telah merubah beberapa cara bekerja sebagian besar perkantoran di Indonesia terutama di daerah yang diberlakukan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tak terkecuali Kantor Pusat Badan Karantina Pertanian yang menerapkan sistem bekerja dari rumah selama pandemi berlangsung. Media daring menjadi solusi yang tepat digunakan untuk membantu menyelesaikan beberapa pekerjaan administrasi. Rapat secara daring untuk membahas beberapa isu yang harus diselesaikan menjadi hal biasa untuk dilakukan.

 

Menjadi salah satu yang terkena dampak pemberlakuan PSBB akibat pandemi Covid-19, Pusat Kepatuhan, Kerjasama dan Informasi Perkarantinaan (Pusat KKIP) melaksanakan rapat secara daring yang melibatkan UPT untuk membahas beberapa hal, antara lain membahas kinerja pengawasan dan penindakan (wasdak) selama triwulan pertama tahun ini dan persiapan pelayanan karantina pertanian menjelang bulan Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri Tahun 2020. Secara umum, kinerja Wasdak Barantan mengalami peningkatan yang signifikan, meningkat 28% jika dilihat dari data penindakan penahanan, penolakan dan pemusnahan selama triwulan satu dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari hasil kerjasama dengan instansi lain yang diwujudkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasa Sama (PKS).

 

Badan Karantina Pertanian melalui UPT di seluruh Indonesia memastikan dan menjamin keamanan pangan yang dikonsumsi masyarakat khususnya di tempat pemasukan dan pengeluaran. Dengan kata lain, pelayanan karantina pertanian akan tetap ada selama pandemi Covid-19 dan menjelang bulan Ramdahan maupun Hari Raya Idul Fitri. Selain pemeriksaan yang dilakukan oleh pejabat karantina di tempat pemasukan dan pengeluaran terhadap komoditas pertanian, jaminan keamanan pangan khususnya menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dilakukan dengan cara pengawasan dan penindakan oleh petugas Wasdak di masing-masing UPT lingkup Barantan dengan patroli mandiri maupun bersama instansi terkait serta penegakan hukum. Dalam rapat tersebut diketahui bahwa UPT lingkup Barantan telah menyiapkan kegiatan tersebut dan mengatur jadwal piket selama bulan Ramadhan nanti. Selain itu, Barantan telah bersiap-siap untuk memperpanjang PKS dengan TNI Angkatan Darat dan TNI Angkatan Laut yang direncakan akan dilaksanakan pada tahun ini.


Related Post