Iduladha Semakin Dekat, Ribuan Sapi Masuk Melalui Pelabuhan Sungat Samarinda

Administrator 30 Juli 2020 87

Samarinda, 29 Juli 2020
No. 730/R-Barantan/07.2020

 

Samarinda -- Lebaran kurban atau Iduladha tinggal menghitung hari dan jumlah lalu lintas hewan ternak termasuk sapi, semakin banyak di Pelabuhan Sungai Samarinda.

Hewan yang menumpang kapal ternak ini melalui Pelabuhan Sungai Samarinda berasal dari NTT dan Sulawesi. Jenisnyapun beragam mulai dari Sapi Bali, Sapi PO dan lainnya.

"Peningkatan lalu lintasnya cukup signifikan," kata Agus Sugiyono melalui keterangan tertulisnya, Kamis (30/7).

Menurut Agus, berdasarkan data pada sistem perkarantinaan, IQFAST diwilayah kerja tercatat bahwa pemasukan sapi mulai dari Januari sampai dengan Juli saat ini yaitu sebanyak 19.761 ekor. Khusus untuk pemasukan sapi di bulan Juli telah mencapai 4.859 ekor. Hampir dua kali lipat dari bulan sebelumnya, tambah Agus.

Agus juga menjelaskan bahwa seluruh hewan ternak yang masuk ke wilayah kerjanya telah melalui serangkaian tindakan karantina. "Dari tempat asal telah dilengkapi surat kesehatan hewan dan saat masuk juga kami periksa kembali. Harus sehat dan aman," tambahnya.

Patuhi Protokol

Secara terpisah Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil menghimbau agar masyarakat melakukan penyesuaian pelaksanaan Iduladha dengan melakukan pemotongan hewan kurban secara aman di tengah pandemi covid-19.

"Pastikan juga membeli hewan pada tempat-tempat yang telah ditentukan," kata Jamil.

Jajarannya yang berada di tempat-tempat pemasukan melakukan peningkatan pengawasan dan pengendalian keamanan dan mutu pangan dan pakan, termasuk hewan ternak yang meningkat menjelang Iduladha.

"Insya Allah dengan dukungan dan kerjaasama semua pihak, masyarakat muslim dapat menjalankan ibadahnya dengan lancar dan aman," tutup Jamil.

Narahubung
drh. Agus Sugiyono, M.A.P
Kepala SKP Kelas I Samarinda