Perkuat SDM, Barantan Gelar Konvensi Nasional SKKNI

Administrator 19 November 2020 92

#RilisBarantan

Bogor, 18 November 2020
No : 1107/R-Barantan/11.2020

 

Bogor – Mengantisipasi tantangan perkarantinaan dan perdagangan global yang menuntut standar kompetensi profesi, Sekretariat Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian (Barantan) menggelar Konvensi Nasional Standar Kompentensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Perkarantinaan Tumbuhan di Bogor (18/11).

"Ini adalah bagian tugas kita dalam mewujudkan kompetensi pejabat karantina yang profesional,” jelas Wisnu Haryana, Sekretaris Barantan saat membuka acara yang akan digelar selama tiga hari kedepan.

Menurut Wisnu, konvensi tersebut sudah hampir mencapai tahap akhir, ia menargetkan rumusannya akan rampung pada tahun depan. Rumusan tersebut kemudian akan diajukan ke Kementerian Tenaga Kerja guna disahkan.

Ia mengatakan bahwa ini sejalan dengan kebijakan pimpinan dalam hal ini Kepala Barantan yang mendorong upaya langkah strategis agar sejalan dengan visi pemerintan saat ini yaitu menciptakan SDM yang unggul.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir, agar standar yang akan dirumuskan dapat menyesuaikan juga dengan kondisi saat ini. Sehingga pelaksanaannya dilapangan tidak hanya pekerjaan fisik, namun juga pekerjaan yang bersifat virtual juga dapat distandarkan. “Kiranya standar ini nantinya tidak hanya dapat ditetapkan, namun juga dapat diimplementasikan secara nyata, sehingga ini bisa menjadi kinerja Barantan, nantinya,” ungkapnya.

Wisnu menyampaikan bahwa, standar kinerja tersebut nantinya akan diimplementasikan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan.

Hadir pula dalam acara tersebut Plt. Direktur Bina Standardisasi dan Pelatihan, Kementerian Ketenagakerjaan RI Muchtar Aziz, Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Dr. Ir. A.M. Adnan, MP serta dirjen teknis terkait di Kementerian Pertanian.

Narahubung :
Wisnu Haryana
Sekretaris Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian