Komitmen Core Values ASN BerAKHLAK, Resmi Ditandatangani Karantina Pertanian Surabaya

Administrator 02 November 2022 276

#RilisBarantan
Surabaya, 1 November 2022
No: 0111/R-Barantan/11.2022

Surabaya - Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Cicik Sri Sukarsih menandatangani komitmen Core Values ASN BerAKHLAK dan employer branding Bangga Melayani Bangsa bersama 18 ASN perwakilan jajaran manajemen Karantina Pertanian Surabaya.

“Penandatanganan komitmen ini merupakan bentuk implementasi dalam mendukung terwujudnya reformasi birokrasi sesuai arahan Bambang selaku Kepala Badan Karantina Pertanian dalam Apel Pagi Kementerian Pertanian. Seluruh ASN Karantina Pertanian Surabaya harus memahami dan menerapkan 7 nilai dasar Core Values ASN BerAKHLAK dan employer branding Bangga Melayani Bangsa. Tujuh nilai dasar tersebut diantaranya Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal dan Kolaboratif. Komitmen Core Values BerAkhlak dilaksanakan untuk mendorong kualitas dan percepatan layanan,” jelas Cicik dalam arahannya saat apel pagi secara hybrid di kantor balai dan 13 (tiga belas) kantor wilayah kerja, Senin (31/10).

“Buku saku panduan perilaku Core Values ASN BerAKHLAK yang sudah disampaikan kepada seluruh ASN lingkup Karantina Pertanian Surabaya untuk dapat dipedomani agar pelaksanaan tugas dilakukan dengan penuh tanggung jawab,” imbuhnya.

Cicik juga berpesan kepada segenap jajaran manajemen Karantina Pertanian Surabaya untuk berkomitmen melakukan pengawasan berkelanjutan pada 13 wilayah kerja Karantina Pertanian Surabaya.

Secara terpisah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga menyampaikan bahwa dalam penerapan Core Values ASN BerAKHLAK juga menguatkan budaya kerja ASN yang profesional dalam melayani masyarakat. “ASN kementerian Pertanian harus mendobrak stigma negatif masyarakat terkait adanya praktik pungli untuk mempercepat proses layanan”, ujarnya.

Untuk ini Karantina Pertanian Surabaya telah menerapkan ISO 37001:2016, yang menanamkan budaya anti suap. Ditambah dengan adanya Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan adanya Unit Pengendali Gratifikasi (UPG) di Karantina Pertanian Surabaya, dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

Nilai Dasar Akuntabel

Adapun korelasi nyata implementasi komitmen Core Values ASN BerAKHLAK dan employer branding Bangga Melayani Bangsa di Kementerian Pertanian pada nilai dasar Akuntabel adalah dengan keberhasilan Kementerian Pertanian meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) Tahun 2021, yang diterima oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Juli lalu di Kantor BPK Jakarta.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau Unqualified Opinion artinya Laporan Keuangan (LK) telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan (neraca), hasil usaha atau Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Arus Kas, sesuai dengan prinsip akuntansi yg berlaku umum.

Opini WTP yang diraih oleh Kementerian Pertanian ini menandai pencapaian Kementan dalam mempertahankan opini audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama 6 tahun berturut-turut.

“Saya harap tim manajemen turun langsung ke lapangan dan menyampaikan kebijakan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Lakukan tugas perkarantinaan sesuai dengan prosedur, juklak, juknis dan peraturan pemerintah yang berlaku,” pungkas Cicik di akhir arahannya.